Pengaruh Teknik Think Talk Write Berbasis Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMAN 7 Padang

Rahayu, Fania Sri (2017) Pengaruh Teknik Think Talk Write Berbasis Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMAN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_FANIA_SRI_RAHAYU_1300818_635_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 7 Padang sebelum dan sesudah menggunakan teknik think talk write berbasis model discovery learning, serta mendeskripsikan pengaruhnya terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 7 Padang sesudah menggunakan teknik think talk write berbasis model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan rancangan satu kelompok pretest and posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 7 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 281 orang yang terdiri atas sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 yang berjumlah 30 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 7 Padang. Data penelitian ini adalah skor tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) menulis teks laporan hasil observasi sebelum dan sesudah menggunakan teknik think talk write berbasis model discovery learning siswa Kelas X SMAN 7 Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan memberikan tes kepada sampel berupa tes sebelum dan sesudah perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah tes unjuk kerja. sebelum data dihitung menggunakan rumus rata-rata hitung dan uji-t, dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 7 Padang sebelum menggunakan teknik think talk write berbasis model discovery learning berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 59,75. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan teknik think talk write berbasis model discovery learning siswa kelas X SMAN 7 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 83,75. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% karena tt < thitung (1,70 < 15,58). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 7 Padang sesudah menggunakan teknik think talk write berbasis model discovery learning lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik think talk write berbasis model discovery learning. Penggunaan teknik think talk write berbasis model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 7 Padang. Dengan kata lain, teknik think talk write berbasis model discovery learning dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:27
Last Modified: 26 Nov 2018 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19742

Actions (login required)

View Item View Item