Ramadhan, Yondra Syukri (2017) Pengaruh TeknikMind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_01_YONDRA_SYUKRI_RAMADHAN_1100844_1652_2017.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Hiliran Gumanti Kabupaten Solok sebelum penerapan teknik mind mapping. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Hiliran Gumanti Kabupaten Solok sesudah penerapan teknik mind mapping. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penerapan teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016-2017. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan teknik mind mapping dan keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan teknik mind mapping. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan teknik mind mapping dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan teknik mind mapping siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Hasil penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan teknik mind mapping siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata hitung 64,82. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan teknik mind mapping siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata hitung 79,81. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-2 karena thitung > ttabel ( ). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan teknik mind mapping siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok lebih baik dibandingkan dengan sebelum menggunakan teknik mind mapping. Hal tersebut terlihat jelas berdasarkan hasil uji-t yaitu thitung > ttabel ( ). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solo
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 26 Nov 2018 03:26 |
Last Modified: | 26 Nov 2018 03:26 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19726 |
Actions (login required)
View Item |