Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang

Pratiwi, Yomila (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_YOMILA_PRATIWI_1300769_1410_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Kedua mendeskripsikan keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttes design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 218 orang yang tersebar dalam tujuh kelas. Teknik pengumpulan sampel penelitian ini adalah dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII3 SMP Negeri 9 Padang. Variabel penelitian ini yaitu keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang sebelum dan sesudah menggunakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Data dalam penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang sebelum dan sesudah menggunakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah berupa skor keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Hasil dari penelitian ini ada tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berada pada kualifikasi Hampir Cukup dengan nilai ratarata 50,00. Kedua, keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup dengan nilai rata-rata 70,49. Ketiga, berdasarkan uji Hipotesis disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk)= (n)-1= (32)-1=31, didapat ttabel 1,70 dan thitung 7,82. Jadi, thitung>ttabel (7,82>1,70). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran menulis khususnya menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:26
Last Modified: 26 Nov 2018 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19725

Actions (login required)

View Item View Item