Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Padang

Wirma, Wirma (2017) Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_WIRMA_1300795_1378_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat permasalahan berikut. Pertama, siswa kurang terampil menentukkan struktur dalam menulis teks anekdot. Kedua, siswa kurang memahami isi teks anekdot. Ketiga, siswa kurang memahami diksi teks anekdot. Keempat, siswa dalam menulis teks anekdot belum memperhatikan penggunaan EBI. Penelitian ini memiliki tiga tujuan sebagai berikut.(1) mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 7Padangtanpa menggunakan model Project Based Learning berbantuan media audiovisual.(2) mendeskripsikantingkat keterampilan menulis teks anekdot siswa X SMA Negeri 7 Padang menggunakan model Project Based Learning berbantuan media audiovisual. (3) mendeskripsikanpengaruh model Project Based Learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa X SMA Negeri 7 Padangmenggunakan model Project Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok kelompok Eksperimen dan Kontrol.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas siswa X SMA Negeri 7 Padangyang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 282 orang yang terdiri atas sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X.IPA 1 yang berjumlah 31 menjadi kelas eksperimen dan X.IPS 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks anekdot tanpa dan menggunakan model Project based Learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA N 7 Padang. Data penelitian ini adalah skor dan nilai tes akhir (posttest)pada kelas kontrol dan tes akhir(posttest)pada kelas eksperimen.Menulis teks anekdot tanpa dan menggunakan model Project Based Learning berbantuan media audiovisual siswa kelas X SMA Negeri 7Padang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Sebelum data dihitung menggunakan rumus rata-rata hitung dan uji-t, dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang tanpa menggunakan model Project Based Learning berbantuan media audiovisualberada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai ratarata 79,10. Kedua, keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang menggunakan model Project Based Learning berbantuan media audiovisualberada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 85,08.Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 0,95karena tt < thitung (1,70<2,31). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 7Padang menggunakan model Project Based Learning lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan model Project Based Learning. Penggunaan model Project Based Learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang. Dengan kata lain, model Project Based Learningdapat diterapkan dalam pembelajaran menulis teks anekdot.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:26
Last Modified: 26 Nov 2018 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19723

Actions (login required)

View Item View Item