Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatiftipe Think Talk Write terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII MTsN Gurun Panjang Pesisir Selatan

Rahayu, Winda (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatiftipe Think Talk Write terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII MTsN Gurun Panjang Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_WINDA_RAHAYU_1300776_1408_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Gurun Panjang Pesisir Selatan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Gurun Panjang Pesisir Selatan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write. Ketiga, menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Gurun Panjang Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Gurun Panjang Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 134 orang yang tersebar dalam enam kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 MTsN Gurun Panjang Pesisir Selatan yang berjumlah 22 orang. Tes yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah berupa skor keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Gurun Panjang Pesisir Selatan sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write. Hasil dari penelitian ini adalah tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Gurun Panjang Pesisir Selatan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan nilai rata-rata 54,04. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Gurun Panjang Pesisir Selatan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 70,96. Ketiga, berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = n – 1 = 22–1 = 21, di dapat ttabel 1,72 dan thitung 4,75. Jadi (thitung 4,75 > ttabel 1,72) Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran menulis khusunya menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Gurun Panjang Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:26
Last Modified: 26 Nov 2018 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19722

Actions (login required)

View Item View Item