Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padang

Sherman, Violetria (2017) Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_VIOLETRIA_SHERMAN_1305276_853_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penulisan ini ada tiga hal. Pertama, untuk mendeskripsikan keterampilan memproduksi teks prosedur siswa kelas VII SMPN 1 Padang tanpa menggunakan model project based learning berbantuan mind mapping. Kedua, mendeskripsikan keterampilan memproduksi teks prosedur siswa kelas VII SMPN1 Padang dengan menggunakan model project based learning berbantuan mind mapping. Ketiga, menganalisis pengaruh model project based learning berbantuan mind mapping terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMPN 1 Padang. Teori yang digunakan dalam penulisan ini ada tiga, yaitu: (1) keterampilan memproduksi teks prosedur, (2) model project based learning berbantuan mind mapping, dan (3) penerapan model project based learning berbantuan mind mapping terhadap keterampilan menulis teks prosedur. Jenis penulisan ini adalah penulisan kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penulisan ini adalah rancangan statis dua kelompok. Populasi dalam penulisan ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Padang dengan jumlah siswa 279 orang yang tersebar dalam sembilan kelas. Sampel penulisan ini adalah siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel penulisan ini adalah keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan model project based learning berbantuan mind mapping, dan tanpa menggunakan model project based learning berbantuan mind mapping. Data penulisan ini adalah skor tes keterampilan menulis teks prosedur dengan dan tanpa menggunakan model project based learning berbantuan mind mapping siswa kelas VII SMPN 1 Padang. Instrumen penulisan ini adalah tes unjuk kerja. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas data. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama, keterampilan memproduksi teks prosedur siswa kelas VII SMPN 1 Padang tanpa menggunakan model project based learning berbantuan mind mapping dengan rata-rata nilai 70,83. Kedua, keterampilan memproduksi teks prosedur siswa kelas VII SMPN 1 Padang dengan menggunakan model project based learning berbantuan mind mapping dengan ratarata nilai 84,25. Ketiga, penerapan model project based learning berbantuan mind mapping setelah dilakukan uji-t pada taraf 0,05 diperoleh thitung>ttabel (7,63 > 1,67). Jadi, H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti penggunaan model project based learning berbantuan mind mapping berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan memproduksi teks prosedur siswa kelas VII SMPN 1 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:26
Last Modified: 26 Nov 2018 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19721

Actions (login required)

View Item View Item