Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Padang

Wasillah, Tri (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_TRI_WASILLAH_1305297_1788_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok, kelompok kontrol dan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016—2017 dengan jumlah 271 orang yang terdiri atas delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 yang berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Data penelitian ini adalah skor dan nilai tes akhir (posttest) pada kelas kontrol dan tes akhir (posttest) pada kelas eksperimen. Menulis naskah drama satu babak tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Sebelum data dihitung menggunakan rumus rata-rata hitung dan uji-t, dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 61,82. Kedua, keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 82,32. Ketiga, Berdasarkan hasil uji-t tersebut, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf 95% dan dk = (n1 + n2) - 2 karena thitung>ttabel (9,32 > 1,67). Dengan kata lain model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:26
Last Modified: 26 Nov 2018 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19719

Actions (login required)

View Item View Item