Pengaruh Penggunaan TeknikMind Mapping Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Padang

Marlinda, Teta (2017) Pengaruh Penggunaan TeknikMind Mapping Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_TETA_MARLINDA_1300778_4774_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterampilan menulis teks cerita pendek atau cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang sebelum menggunakan teknik mind mapping, (2) keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang setelah menggunakan teknik mind mapping, dan (3) pengaruh teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 32 orang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Data penelitian adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang sebelum menggunakan teknik mind mapping dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen setelah menggunakan teknik mind mapping. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Sebelum data dihitung menggunakan rumus ratarata hitung dan uji-t, dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA 7 Negeri Padang sebelum menggunakan teknik mind mapping memiliki rata-rata 62,11 yang berada pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang menggunakan teknik mind mapping memiliki rata-rata 84,64 yang berada pada kualifikasi Baik (B). Ketiga, nilai rata-rata keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang lebih tinggi dengan menggunakan teknik mind mapping dibanding sebelum menggunakan teknik mind mapping. Dengan demikian dapat disimpulkan teknik mind mapping berpengaruh dalam menulis teks cerita pendek siswa, hal ini didukung karena kelebihan mind mapping yang membuat siswa lebih kreatif dan bebas berkreasi menuangkan idenya ke dalam bentuk gambar yang penuh cabang dan berwarna. Dengan adanya mind mapping ini siswa akan fokus pada karya yang telah mereka ciptakan sendiri, mereka akan lebih mudah mengetahui alur cerita yang akan mereka tulis sehingga akan lebih memudahkan siswa menuangkan tulisan menjadi cerita pendek melalui peta pikiran yang telah mereka buat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:36
Last Modified: 22 Nov 2018 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19717

Actions (login required)

View Item View Item