Kesalahan Struktur Kalimat dalam Teks Eksposisi Karya Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Ilham, Taufik (2017) Kesalahan Struktur Kalimat dalam Teks Eksposisi Karya Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_TAUFIK_ILHAM_18139_951_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mahasiswa masih belum bisa menyampaikan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan yang sesuai maksud tulisan. Kedua, kesalahan struktur kalimat dalam teks eksposisi, Ketiga, penggunaan konjungsi dalam kalimat tidak tepat, dan Keempat,penggunaan preposisi dalam kalimat tidak tepat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah perangkat bahasa dalam bentuk kalimat-kalimat tertulis yang diambil dari sumber data. Data tersebut berupa teks-teks eksposisi yang diperoleh dari sumber data penelitian yaitu tugas dari latihan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang angkatan 2014 semester 3 yang berjumlah 20 teks. Teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara uraian rinci (thick description). Teknik uraian rinci ini digunakan untuk melaporkan hasil penelitiannya serinci, seditail, dan secermat mungkin. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, dari 567 kalimat yang digunakan sebagai data penelitian, terdapat 28 kesalahan struktur kalimat dari aspek fungsi sintaksis. Kesalahan struktur kalimat tersebut karena tidak memenuhi aspek fungsi sintaksis secara lengkap dari aspek subjek, predikat, dan keterangan. Kedua, 33 kalimat tidak tepat dari aspek konjungsi. Ketidaktepatan tersebut disebabkan karena 5 kalimat kurang konjungsi, 26 kalimat lebih konjungsi, dan 2 kalimat salah penempatan konjungsi. Ketiga, 5 kalimat tidak tepat dari aspek preposisi. Ketidaktepatan tersebut disebabkan 5 kalimat tersebut salah dalam penempatan preposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:36
Last Modified: 22 Nov 2018 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19716

Actions (login required)

View Item View Item