Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang

Ningsih, Syafwilda (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SYAFWILDA_NINGSIH_1305273_1279_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (selanjutnya ditulis dengan singkatan CIRC). Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang setelah menggunakan model pembelajaran CIRC. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen the one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari delapan kelas dengan jumlah 272 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan nilai rata-rata ulangan dan standar deviasi dari delapan kelas tersebut. Data dalam penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran CIRC. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Hasil tes diolah berdasarkan indikator penilaian yang digunakan, yaitu (1) struktur, isi, dan unsur kebahasaan teks laporan hasil. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 58,78. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang sesudah menggunakan model pembelajaran CIRC berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 78,83. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1 + n2)-2 karena thitung>ttabel (9,07>1,70). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC telah teruji efektif dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Melihat adanya kebermanfaatan dan keefektifan model pembelajaran CIRC, maka telah membuktikan bahwa model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai referensi pengembangan inovasi dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:36
Last Modified: 22 Nov 2018 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19715

Actions (login required)

View Item View Item