Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Keterampilan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang

Bangun, Sri Wahyuni (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Keterampilan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SRI_WAHYUNI_BR_BANGUN_1305285_1189_2017.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan sebagai berikut. (1) Mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang sebelum menggunakan model think talk write (TTW). (2) Mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang sesudah menggunakan model think talk write (TTW). (3) Mendeskripsikan pengaruh model think talk write (TTW) terhadap keterampilan surat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang sesudah menggunakan model think talk write (TTW). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan satu kelompok pretest and posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 259 orang yang terdiri atas delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.8 SMP Negeri 20 Padang yang berjumlah 34 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Data penelitian ini adalah skor dan nilai tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest)menulis surat dinas sebelum dan sesudah menggunakan model think talk write (TTW) siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Sebelum data dihitung menggunakan rumus rata-rata hitung dan uji-t, dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang sebelum menggunakan model think talk write (TTW) berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 64,09. Kedua, keterampilan menulis surat dinas sesudah menggunakan model think talk write (TTW) siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 78,31. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% karena ttabel<thitung (1,70 < 6,32). Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang sesudah menggunakan model think talk write (TTW) lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model think talk write (TTW). Penggunaan model think talk write (TTW) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Dengan kata lain, model think talk write (TTW) dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis surat dinas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:36
Last Modified: 22 Nov 2018 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19714

Actions (login required)

View Item View Item