Penggunaan Bahasa dalam Teks Deskripsi Karya Siswa Kelas VII.6 SMP Negeri 25 Padang

Hartuti, Sri (2017) Penggunaan Bahasa dalam Teks Deskripsi Karya Siswa Kelas VII.6 SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SRI_HARTUTI_1300816_3742_2017.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal, yaitu: (1) pronomina apakah yang terdapat dalam teks deskripsi karya siswa kelas VII.6 SMP Negeri 25 Padang. (2) afiks apakah yang terdapat dalam teks deskripsi karya siswa kelas VII.6 SMP Negeri 25 Padang. (3) frasa apakah yang terdapat dalam teks deskripsi karya siswa kelas VII.6 SMP Negeri 25 Padang. Teori yang berkaitan dengan penelitian ini adalah (1) teks deskripsi, (2) kebahasaan teks deskripsi, dan (3) contoh teks deskripsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah penggunaan bahasa dalam teks deskripsi karya siswa kelas VII.6 SMP Negeri 25 Padang. Sumber data adalah teks deskripsi siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling sebagai teknik penentuan sumber data. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu oleh tabel-tabel investarisasi data. Setelah data dikumpulkan, pemeriksaan dan analisis data dengan langkah-langkah berikut. Pertama, siswa menulis karangan sendiri mengenai teks deskripsi dengan tema ―SMPN 25 Padangǁ setelah selesai menulis siswa mengumpulkan hasil tulisannya. Kedua, peneliti membaca dan memahami teks deskripsi karya siswa kelas VII.6 SMP Negeri 25 Padang dengan tujuan untuk memperoleh pemahaman yang jelas tentang isi deskripsi yang akan diteliti. Ketiga, peneliti menandai bagian-bagian teks deskripsi yang berkaitan dengan kebahasaan teks deskripsi. Keempat, menginventarisasi unsur-unsur teks deskripsi yang berkaitan dengan ciri kebahasaan teks deskripsi ke dalam format inventarisasi data. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut. Pertama, penggunaan pronomina dalam teks deskripsi kelas VII.6 SMP Negeri 25 Padang umumnya menggunakan pronomina penunjuk umum dan pronomina penunjuk tempat, dan 1 siswa yang menggunakan pronomina penunjuk ihwal. Kedua, pada penelitian ini, siswa umumnya menggunakan prefiks (awalan), sufiks (akhiran) dalam teks deskripsi karya siswa, tidak ditemukan siswa yang menggunakan infiks (sisipan ), dan ditemukan 2 siswa yang tidak menggunakan konfiks (awalan-akhiran) dalam teks deskripsi karya siswa. Ketiga, pada penelitian ini, semua siswa umumnya menggunakan semua jenis frasa, hanya sebagian siswa yang tidak lengkap menggunakan frasanya. Ditemukan 11 siswa yang tidak menggunakan frasa nomina dalam teks deskripsi, 12 siswa yang tidak menggunakan frasa verba dalam teks deskripsi, 5 siswa yang tidak menggunakan frasa bilangan dalam teks deskripsi, 5 Siswa yang tidak menggunakan frasa keterangan dalam teks deskripsi, dan peneliti menemukan semua siswa menggunakan frasa depan dalam tulisan teks deskripsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:36
Last Modified: 22 Nov 2018 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19713

Actions (login required)

View Item View Item