Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang

Nofrita, Sofya (2017) Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SOFYA_NOFRITA_1305278_3561_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis berita sebelum menggunakan teknik pemodelan berbasis model problem based learning (PBL) siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis berita sesudah menggunakan teknik pemodelan berbasis model problem based learning (PBL) siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan teknik pemodelan berbasis model problem based learning (PBL) terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016-2017. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis berita sebelum menggunakan teknik pemodelan berbasis model problem based learning (PBL) dan keterampilan menulis berita sesudah menggunakan teknik pemodelan berbasis model problem based learning (PBL). Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis berita sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemodelan berbasis model problem based learning (PBL) siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Hasil penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis berita sebelum menggunakan teknik pemodelan berbasis model problem based learning (PBL) siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata hitung 69,27. Kedua, keterampilan menulis berita sesudah menggunakan teknik pemodelan berbasis model problem based learning (PBL) siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata hitung 78,30. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-2 karena thitung > ttabel (3,33 > 1,70). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang sesudah menggunakan teknik pemodelan berbasis model problem based learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan sebelum menggunakan teknik pemodelan berbasis model problem based learning (PBL). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik pemodelan berbasis model problem based learning (PBL) berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:36
Last Modified: 22 Nov 2018 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19712

Actions (login required)

View Item View Item