Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Berbicara

Hariani, Silvia (2017) Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Berbicara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SILVIA_HARIANI_1200920_4792_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh lima permasalahan berikut. Pertama, siswa cenderung tidak memiliki keberanian untuk menunjukkan keterampilan berbicara ketika diberi tugas tampil di depan kelas, menjawab pertanyaan lisan, menanggapi, dan mengajukan pertanyaan. Kedua, siswa belum mampu berbahasa Indonesia yang baik dan benar ketika berbicara di depan kelas. Ketiga, siswa berbicara dengan volume yang kecil. Keempat, siswa tidak mampu berbicara dengan intonasi yang sesuai dan cenderung monoton. Kelima, siswa tidak bisa berimprovisasi ketika menyampaikan sesuatu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik mind mapping terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah the two group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang yang berjumlah 222 orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini yaitu keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang tanpa menggunakan teknik mind mapping dan keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang dengan menggunakan teknik mind mapping. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes berbicara dalam bentuk bercerita. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan berbicara tanpa dan dengan menggunakan teknik mind mapping. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang tanpa menggunakan teknik mind mapping berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 66,78. Kedua, keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang dengan menggunakan teknik mind mapping berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 81,78. Ketiga, penggunaan teknik mind mapping berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:36
Last Modified: 22 Nov 2018 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19711

Actions (login required)

View Item View Item