Pengaruh Penggunaan Teknik SQ3R Terhadap Kecepatan Membaca dan Pemahaman Bacaan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kerinci

Bulderita, Silvania (2017) Pengaruh Penggunaan Teknik SQ3R Terhadap Kecepatan Membaca dan Pemahaman Bacaan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SILVANIA_BULDERITA_1300823_1277_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh teknik SQ3R terhadap kecepatan membaca dan pemahaman bacaan siswa VIII SMP Negeri 4 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen desain one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kerinci yang terdaftar tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 59 siswa dan sampel 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Variabel dalam penelitian ini, yaitu kecepatan membaca dan pemahaman bacaan sebelum dan sesudah menggunakan teknik SQ3R. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian terstruktur. Data penelitian ini adalah skor hasil tes kecepatan membaca dan pemahaman bacaan siswa sebelum dan sesudah menggunakan teknik SQ3R. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui pengaruh teknik SQ3R terhadap kecepatan membaca dan pemahaman bacaan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kerinci. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, kecepatan membaca dan pemahaman bacaan sebelum menggunakan teknik SQ3R siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kerinci berada pada kualifikasi Kurang. Kedua, kecepatan membaca dan pemahaman bacaan sesudah menggunakan teknik SQ3R siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kerinci berada pada kualifikasi Cukup. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan teknik SQ3R terhadap kecepatan membaca dan pemahaman bacaan siswa kelas VIIISMP Negeri 4 Kerinci karena nilai ttabel < thitung (1,70 < 4,95). Dengan kata lain, kecepatan membaca dan pemahaman bacaan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kerinci sesudah menggunakan teknik SQ3R lebih baik dibandingkan kecepatan membaca dan pemahaman bacaan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kerinci sebelum menggunakan teknik SQ3R. Dengan demikian, teknik SQ3R dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaranecepatan membaca dan pemahaman bacaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:36
Last Modified: 22 Nov 2018 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19710

Actions (login required)

View Item View Item