Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Padang

Afrina, Sieska (2017) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SIESKA_AFRINA_1300803_3559_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, untuk mengetahui tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang tanpa menggunakan model problem based learning. Kedua, untuk mengetahui tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang dengan menggunakan model problem based learning.Ketiga, menganalisis pengaruh penerapan model problem based learning terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan statis dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017dengan jumlah 287 orang yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII H berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks laporan hasil observasi tanpa dan dengan menggunakan model problem based learning. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang tanpa menggunakan model problem based learning berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 64,35. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang menggunakan model problem based learning berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 79,48. Ketiga, penggunaan model problem based learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang. Berdasarkan uji-t pada taraf signifikansi 95% dengan dk=(n1+n2)-2, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang dengan menggunakan model problem based learning lebih baik dari pada tanpa menggunakan model problem based learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:35
Last Modified: 22 Nov 2018 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19709

Actions (login required)

View Item View Item