Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Moral/Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan

Utami, Rosi Nur Akbar (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Moral/Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ROSI_NUR_AKBAR_UTAMI_1300770_4012_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS,(2) mendeskripsikan tingkat keterampilan teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, dan (3) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS, terhadap tingkat keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan yang terdaftar tahun 2016/2017 dengan jumlah 186 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 32 siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks cerita moral/fabel sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Uji persyaratan analisis data, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata 74,74. Kedua, keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata 81,25. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf 0,05 diperoleh ttabel < thitung (1,70<2,95). Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Dengan kata lain, keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik dibandingkan keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks cerita moral/fabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:35
Last Modified: 22 Nov 2018 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19708

Actions (login required)

View Item View Item