Pengaruh Penggunaan Model (Problem BasedLearning) PBL terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Kota Padang

Riyodi, Robby Wahyu (2017) Pengaruh Penggunaan Model (Problem BasedLearning) PBL terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ROBBY_WAHYU_RIYODI_12141_053_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini, pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Kota Padang sebelum menggunakan model PBL. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Pembagunan Laboratorium UNP Kota Padang setelah menggunakan model PBL. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model PBL terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif analisis dan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pembagunan Laboratorium UNP Kota Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis puisi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Kota Padang menggunakan model PBL. Data penelitian ini adalah skor hasil tes menulis puisi sebelum menggunakan model PBL dan sesudah menggunakan model PBL siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Kota Padang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis puisi sebelum menggunakan model PBL siswa kelas VII Pembangunan Laboratorium UNP Kota Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 54,44. Kedua, keterampilan menulis puisi sesudah menggunakan model PBL siswa kelas VII Pembangunan Laboratorium UNP Kota Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 78,15. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa hipotesis alternatif diterima pada taraf signifikansi 0,05 dan dk= n1+n2-2, karena thitung > ttabel (7,65 > 1,68). Dengan kata lain penggunaan model PBL berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi siswakelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:35
Last Modified: 22 Nov 2018 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19707

Actions (login required)

View Item View Item