Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan

Risa, Riski Nur (2017) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RISKI_NUR_RISA_1205212_1591_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 4Solok Selatan. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 4Solok Selatan. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 4Solok Selatan. Jenis penelitian iniadalahkuantitatif dengan metode deskriptif melalui desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 200 orang dan tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan membacapemahaman teks eksposisi, sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata (63,69). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisisiswakelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata (72,08).Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisisiswakelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisisiswakelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 0,95 karena thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 2,36 >1,70. Dengan kata lain, semakin tinggi tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa, semakin tinggi pula tingkat keterampilan menulis teks eksposisisiswakelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:35
Last Modified: 22 Nov 2018 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19706

Actions (login required)

View Item View Item