Pengaruh Penggunaan Teknik Tiru Model terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Padang

Oktoria, Riska (2017) Pengaruh Penggunaan Teknik Tiru Model terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RISKA_OKTARIA_1300819_3558_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat permasalahan berikut. Pertama, siswa masih kesulitan mengembangkan ide tulisan. Kedua, siswa beranggapan bahwa menulis puisi itu adalah sesuatu yang sulit. Ketiga, kurangnya pemahaman siswa mengenai unsur-unsur yang membangun puisi yaitu unsur fisik dan unsur batin puisi dalam pembelajaran menulis puisi. keempat, kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan pada saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang tanpa menggunakan teknik tiru model, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang dengan menggunakan teknik tiru model, dan (3) mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik tiru model dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Data penelitian ini adalah skor hasil tes akhir keterampilan menulis puisi dengan menggunakan teknik tiru model siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Skor hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji hipotesis untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang terjadi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang tanpa menggunakan teknik tiru model berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 80,39. Kedua, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang dengan menggunakan teknik tiru model berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 84,64. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima. Hal ini disebabkan ttabel< thitung, maka terdapatpengaruh yang signifikan dari perlakuan yang diterapkan pada sampel penelitian, ttabel yang diperoleh, yaitu 1,67 sedangkan thitung yang didapatkan, yaitu 1,78. Berdasakan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang dengan menggunakan teknik tiru model (rata-rata 84,64) lebih baik dibandingkan tanpa mengunakan teknik tiru model (rata-rata 80,39). Perbandingan itu terlihat signifikan berdasarkan uji hipotesis ttabel< thitung (1,67<1,78). Dengan kata lain, teknik tiru model berpengaruh terhadap hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:35
Last Modified: 22 Nov 2018 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19705

Actions (login required)

View Item View Item