Pengaruh Penggunaan Teknik Mind MappingBerbasis Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Nan Sabaris

Adriyani, Rika (2017) Pengaruh Penggunaan Teknik Mind MappingBerbasis Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Nan Sabaris. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RIKA_ADRIYANI_1300786_4785_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian, Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nan Sabaris yang diajarkan tanpa menggunakan teknik mind mapping berbasis model discovery learning. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nan Sabaris yang diajarkan menggunakan teknik mind mapping berbasis model discovery learning. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan teknik mind mapping berbasis model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nan Sabaris. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian adalah rancangan statis dua kelompok. Populasi penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nan Sabaris pada tahun 2016-2017 terdiri atas enam kelas dengan jumlah 112 orang. Sampel penelitian 38 siswa kelas kontrol 18 siswa dan kelas eksperimen 20 siswa ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian adalah keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nan Sabaris. Instrumen penelitian adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks eksposisi. Teknik pengumpulan data penelitian ini diberikan pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi pada kelas kontrol tanpa menggunakan perlakuan dan kelas eksperimen menggunakan perlakuan, lalu data dikumpulkan dan diberi penilaian. Data penelitian adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nan Sabaris dengan dan tanpa menggunakan teknik mind mapping berbasis model discovery learning. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nan Sabaris tanpa menggunakan teknik mind mapping berbasis model discovery learning berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (65,58). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nan Sabaris menggunakan teknik mind mapping berbasis model discovery learning berada pada kualifikasi Baik (84,85). Ketiga, nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nan Sabaris menggunakan teknik mind mapping berbasis model discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata tanpa menggunakan teknik mind mapping berbasis model discovery learning. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa teknik mind mapping berbasis model discovery learning cocok digunakan dengan keterampilan menulis teks eksposisi karena nilai rata-rata menulis teks eksposisi dengan teknik ini lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa menggunakan teknik ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:35
Last Modified: 22 Nov 2018 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19704

Actions (login required)

View Item View Item