Marpianti, Resni (2017) Pengaruh Penggunaan Media Objek Langsung terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_01_RESNI_MARPIANTI_1100836_1914_2017.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporanhasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan tanpa menggunakan media objek langsung. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan media objek langsung. Ketiga, menganalisis pengaruh penerapan media objek langsung terhadap pembelajaran keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan rancangan penelitian statis dua kelompok (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2016-2017. Sampel penelitian ini berjumlah 41 orang, kelas kontrol 20 orang dan kelas eksperimen 21 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks laporan hasil observasi. Data penelitian ini diperoleh dengan melakukan proses pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas kontrol dengan metode ceramah (konvensional) dan melakukan proses pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas eksperimen dengan menggunakan media objek langsung. Hasil penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi tanpa menggunakan media objek langsung siswa kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup dengan rata-rata 66,11. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media objek langsung siswa kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kualifikasi Baik dengan nilai rata-rata 78,84. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media objek langsung terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan karena nilai thitung>ttabel (4,30> 1,68). Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis tekslaporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan media objek langsung dalam proses belajar mengajar lebih baik dari pada tanpa menggunakan media objek langsung dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain, media objek langsung baik diterapkan dalam proses pembelajaran keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 22 Nov 2018 08:35 |
Last Modified: | 22 Nov 2018 08:35 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19703 |
Actions (login required)
View Item |