Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang

Sabrina, Reno Mardhatillah (2017) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RENO_MARDHATILLAH_SABRINA_1300789_4005_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh model problem based learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini One Group Pretest and Posttest Design. Jumlah populasi 253 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 31 Padang dengan jumlah 31 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini ialah keterampilan keterampilan menulis teks puisi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model PBL berbantuan media audiovisual. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini tes unjuk kerja. Data penelitian ini skor hasil tes keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang sebelum dan sesudah menggunakan model PBL berbantuan media audiovisual. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang sebelum menggunakan model problem based learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 71,88. Kedua, keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang sesudah menggunakan model problem based learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 82,06. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif () diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan thitung > ttabel (4,65>1,70). Dengan kata lain, keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang sesudah menggunakan model PBL berbantuan media audiovisual lebih baik dibandingkan keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang sebelum menggunakan model PBL berbantuan media audiovisual. Dengan demikian, model PBL berbantuan media audiovisual dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:35
Last Modified: 22 Nov 2018 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19702

Actions (login required)

View Item View Item