Hubungan Pemahaman Pantun dengan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP N 24 Padang

Saputri, Noviani (2017) Hubungan Pemahaman Pantun dengan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP N 24 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NOVIANI_SAPUTRI_1300771_1590_2017.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat pemahaman pantun siswa kelas VII SMP N 24 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP N 24 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan pemahaman pantun dengan keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP N 24 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif dan desain korelasional. Ada dua data yang diolah. Pertama, data pemahaman pantun siswa kelas VII SMP N 24 Padang. Kedua, data keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP N 24 Padang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 24 Padang dengan sampel berjumlah 40 orang. Data yang diambil dianalisis dengan langkah-langkah berikut. Pertama, pemberian skor tes pemahaman pantun siswa. Kedua, pemberian skor tes keterampilan menulis pantun siswa. Ketiga, mengubah skor pemahaman pantun dan skor keterampilan menulis pantun menjadi nilai. Keempat, mengelompokkan nilai pemahaman pantun dan keterampilan menulis pantun berdasarkan konvensi skala 10. Kelima, mengklasifikasikan nilai siswa per indikator. Keenam, menyajikan distribusi frekuensi per indikator. Ketujuh, menyajikan data dalam bentuk histogram per indikator.Kedelapan, mengkorelasikan variabel penelitian.Kesembilan, pengujian keberartian hipotesis yang diajukan.Kesepuluh, membahas hasil analisis dan menyimpulkan dengan cara mendeskripsikan hubungan pemahaman pantun dan keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP N 24 Padang. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, ada tiga simpulan yang diperoleh. Pertama, pemahaman pantun siswa kelas VII SMP N 24 Padang berada pada kualifikasi baik (80,79). Kedua, keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP N 24 berada pada kualifikasi baik (82,81). Ketiga, terdapat hubungan pemahaman pantun dengan keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP N 24 Padang pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) =n-1 karena thitung > ttabel yaitu 4,16 > 1,68. Dengan kata lain, apabila pemahaman pantun (X) siswa baik, keterampilan pantun (Y) siswa juga baik. Sebaliknya, apabila pemahaman pantun siswa (X) buruk, keterampilan menulis pantun siswa (Y) juga buruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:35
Last Modified: 22 Nov 2018 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19698

Actions (login required)

View Item View Item