Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TipeJigsaw terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok

Listi, Nova Ade (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TipeJigsaw terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NOVA_ADE_LISTI_1200911_2902_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah statis dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 131 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.A sebanyak 22 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.D sebanyak 23 orang sebagai kelas kontrol, diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Teknik pengumpulan data dengan memberikan tes kepada siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks laporan observasi. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 62,80. Kedua, keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 79,29. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk = (n1+n2)-2karena thitung > ttabel (5,61 > 1,68). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dengan kata lain, model kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:35
Last Modified: 22 Nov 2018 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19697

Actions (login required)

View Item View Item