Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang

Sari, Mutia (2017) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MUTIA_SARI_1300812_948_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 8 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 8 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan desain korelasional. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang yang berjumlah 256 orang yang terbagi atas delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah 48 orang. Penelitian terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas (keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang) dan variabel terikat (keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang). Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif untuk keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dan tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi baik (81,04). Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi baik (80,30). Ketiga, keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi memiliki korelasi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang memiliki korelasi yang signifikan dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Setelah data dianalisis maka diperoleh nilai thitung (3,406) lebih besar dari ttabel (1,68) pada derajat kebebasan n-1 (47) dan taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian, untuk keterampilan menulis teks deskripsi diperlukan keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:35
Last Modified: 22 Nov 2018 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19696

Actions (login required)

View Item View Item