Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Padang

Riana, Mutia (2017) Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MUTIA_RIANA_15712_4140_2017.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat permasalahan berikut. Pertama, pembelajaran keterampilan menulis teks drama kurang diminati karena harus melakukan kegiatan membaca dan menulis yang menurut siswa adalah kegiatan membosankan. Kedua, kurangnya pengetahuan dan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks drama. Ketiga, siswa mengalami kesulitan dalam menentukan tema,alur, dan dialog. Keempat, model pembelajaran yang diberikan kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh penggunaan teknik pemodelan terhadap keterampilan menulis teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015-2016. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu (1) keterampilan menulis teks drama siswa tanpa menggunakan teknik Pemodelan dan (2) keterampilan menulis teks drama siswa dengan menggunakan teknik Pemodelan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks drama tanpa dan dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Hasil penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut ini. Pertama, menulis teks drama sebelum menggunakan teknik pemodelan siswa kelas XIIPA.1 SMA Negeri 7 Padang memperoleh rata-rata sebesar 65,30, berada pada rentangan 56-65% berkualifikasi cukup (C). Nilai yang diperoleh berkisar 54,17-77,08, artinya nilai terendah 54,17 dan yang tertinggi 77,08. Kedua, menulis teks drama setelah perlakuan yakni teknik Pemodelan pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Padang, diperoleh rata-rata 74,87. Rata-rata tersebut berada pada rentangan 66-75% berkualifikasi lebih dari cukup (LdC). Nilai yang diperoleh siswa berkisar 64,58-85,42, artinya nilai terendah 64,58 dan yang tertinggi 85,42. Ketiga, terdapat perbedaan yang signifikan antara menulis teks drama sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemodelan siswa kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menulis teks drama sesudah teknik pemodelan lebih baik hasilnya jika dibandingkan dengan menulis teks drama sebelumteknik pemodelan. Dengan kata lain, ditolak dan H₁ diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:35
Last Modified: 22 Nov 2018 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19695

Actions (login required)

View Item View Item