Hubungan Keterampilan Memahami Teks Cerita Pendek dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Semen Padang

Handriyani, Mira (2017) Hubungan Keterampilan Memahami Teks Cerita Pendek dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Semen Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MIRA_HANDRIYANI_1200904_4793_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan memahami teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Semen Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Semen Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara keterampilan memahami teks cerita pendek dan keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Semen Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain penelitian adalah desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Semen Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016-2017. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan memahami teks cerita pendek sebagai variabel X dan keterampilan menulis teks cerita pendek sebagai variabel Y. Data penelitian yaitu skor hasil tes keterampilan memahami teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Semen Padang dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Semen Padang. Hasil penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan memahami teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Semen Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata hitung 78,03. Kedua, keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Semen Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata hitung 79,12. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-1 karenathitung > ttabel (8,81 > 1,70). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan memahami teks cerita pendek dengan keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Semen Padang. Dengan demikian, untuk memperoleh keterampilan menulis teks cerita pendek yang baik diperlukan keterampilan memahami teks cerita pendek yang baik pula

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:35
Last Modified: 22 Nov 2018 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19694

Actions (login required)

View Item View Item