Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi

Khairi, Miftahul (2017) Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MIFTAHUL_KHAIRI_1205152_940_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran berbasis teks dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi pada indikator berpusat pada pesertadidik, (2)pelaksanaan pembelajaran berbasis teks dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi pada indikator mengembangkan kreativitas peserta didik, (3) pelaksanaan pembelajaran berbasis teks dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi pada indikatormenciptakan kondisi menyenangkan dan menantang, (4) pelaksanaan pembelajaran berbasis teks dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi pada indikator bermuatan nilai, etika, estetika, logika, dan kinestika , (5) pelaksanaan pembelajaran berbasis teks dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi pada indikator menyediakan pengalaman belajar yang beragam,dan (6) hambatan yang dihadapi pada saat pelaksanaan pembelajaran berbasis teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kombinasi desain concurrent triangulation (campuran kuantitatif dan kualitatif secara seimbang). Data dalam penelitian ini adalah hasil pengumpulan data berupa angket, hasil wawancara, dan observasi/ pengamatan pada saatpelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Teknik pengumpulan data,yaitu angket, teknik wawancara, dan observasi/ pengamatan. Teknik penganalisisan data dilakukan dengan prosedur (1) analilis deskriptif kuantitatif, (2) analilis deskriptif kualitatif, dan (5) membuat simpulan terhadap data yang telah diteliti. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran berbasis teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi dikategorikan baik dengan persentase ketercapainsebesar 68,90%. Pada indikator berpusat pada peserta didik dikategorikan baik dengan persentase ketercapain sebesar 66,67%. Indikator mengembangkan kreativitas peserta didik dikategorikan baik dengan persentase ketercapain sebesar 50%. Indikator menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang dikategorikan baik dengan persentase ketercapain sebesar 100%. Indikator bermuatan nilai, etika, estetika, logika, dan kinestika dikategorikan baik dengan persentase ketercapain sebesar 85,71%. Indikator menyediakan pengalaman belajar yang beragam dikategorikan baik dengan persentase ketercapain sebesar 50%. Kedua, guru mata pelajaran bahasa Indonesia mengalami kendala menyajikan pembelajaran menarik untuk siswa. Kendala diatasi dengan menyajikan pembelajaran berbeda setiap pertemuannya, membaca literatur, dan melakukan evaluasi bersama sesama guru bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:34
Last Modified: 22 Nov 2018 08:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19692

Actions (login required)

View Item View Item