Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Sijunjung

Yetisia, Meutia (2017) Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MEUTIA_YETISIA_1300829_4783_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, untuk mengetahui tingkat keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Sijunjung sebelum menggunakan model problem based learning berbantuan media gambar berseri. Kedua, untuk mengetahui tingkat keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Sijunjung sesudah menggunakan model problem based learning berbantuan media gambar berseri. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model problem based laerning berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Sijunjung yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 61 orang yang tersebar dalam tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.3 dengan jumlah 20 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis berita. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis berita sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan model problem based learning berbantuan media gambar berseri siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Sijunjung. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Sijunjung sebelum dan sesudah menggunakan model problem based learning berbantuan media gambar berseri. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Sijunjung sebelum menggunakan model problem based learning berbantuan media gambar berseri berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 72,34. Kedua, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Sijunjung sesudah menggunakan model problem based learning berbantuan media gambar berseri berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 81,41. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif diterima pada taraf siginifikan 95% dan derajat kebebasan karena thitung>ttabel (5,01>1.72).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:32
Last Modified: 22 Nov 2018 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19691

Actions (login required)

View Item View Item