Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadapKeterampilan Menulis Teks Cerita Ulang Biografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Padang

Adila, Mery (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadapKeterampilan Menulis Teks Cerita Ulang Biografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MERY_ADILA_1300842_1129_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap keterampilan menulis teks cerita ulang biografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini One Group Pretest and Posttest Design. Jumlah populasi 326 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 7 SMA Negeri 1 Padang dengan jumlah 32 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu (1) keterampilan menulis teks cerita ulang biografi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan (2) keterampilan menulis teks cerita ulang biografi siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini tes unjuk kerja keterampilan menulis teks cerita ulang biografi. Data penelitian ini skor hasil tes keterampilan menulis teks cerita ulang biografi siswa kelas XI MIA 7 SMA Negeri 1 Padang sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks cerita ulang biografi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks cerita ulang biografi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS). Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternative () diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-1 thitung > ttabel (14,04 > 1,67). Dengan kata lain, keterampilan menulis teks cerita ulang biografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray lebih baik dibandingkan keterampilan menulis teks cerita ulang biografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks cerita ulang biografi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:32
Last Modified: 22 Nov 2018 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19690

Actions (login required)

View Item View Item