Pengaruh Model Discovery Learning berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang

Arviyana, Maretta (2017) Pengaruh Model Discovery Learning berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MARETTA_ARVIYANA_1305277_2017.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang tanpa menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Kedua, untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dengan menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Ketiga, menganalisis pengaruh penerapan model discovery laerning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan statis dua kelompok. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 267 siswa yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 7 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII 8 dengan jumlah 32 siswa sebagai eksperimen. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks prosedur tanpa dan dengan menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, ditemui tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang tanpa menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC), dengan rata-rata 71,45. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dengan menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 82,42. Ketiga, penggunaan model discovery learning berbantuan media audiovisual berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Berdasarkan hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual lebih baik daripada tanpa menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Dengan kata lain, hipotesis kerja (H1) yang berbunyi ―Penggunaan model discovery learning berbantuan media audiovisual berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:19
Last Modified: 22 Nov 2018 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19686

Actions (login required)

View Item View Item