Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Padang

Melin, Karina (2017) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_KARINA_MELIN_1300800_945_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Ketiga, menganalisis pengaruh model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan one group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 256 orang yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII. B dengan jumlah 32 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks laporan hasil observasi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 62,37. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 84,51. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif diterima pada taraf siginifikan 95% dan derajat kebebasan karena thitung>ttabel (9,97> 1,70). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padang sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan mediaaudiovisual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:19
Last Modified: 22 Nov 2018 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19683

Actions (login required)

View Item View Item