Stuktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Datuak Soyiah di Nagari Lubuak Batingkok Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota

Fajri, Jumadil Awara (2017) Stuktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Datuak Soyiah di Nagari Lubuak Batingkok Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_JUMADIL_AWARA_FAJRI_1100920_1719_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Struktur cerita rakyat lgenda Datuak Soyiah di Nagari Lubuak Batingkok Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota; (2) Fungsi sosial cerita rakyat lgenda Datuak Soyiah di Nagari Lubuak Batingkok Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian ini ditetapkan berdasarkan teknik purposive, yaitu dengan menetapkan persyaratan terlebih dahulu untuk informan. Latar penelitian ini adalah Nagari Lubuak Batingkok Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan dibantu perangkat alat lainnya. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap perekam tradisi lisan dan tahap pengumpulan lingkungan penceritaan. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Data dianalisis melalui tahapan sebagai berikut, (1) tahap inventarisasi data; (2) tahap klasifikasi atau analilsis data; (3) tahap pembahasan dan penyimpulan hasil analisis data; (4) tahap pelaporan. Hasil penelitian menunjukan bahwa struktur yang terdapat dalam cerita rakyat legenda Datuak Soyiah adalah alur, penokohan, latar, dan tema. Alur yang dipakai dalam cerita Cerita Legenda Datuak Soyiah adalah alur konvensional. Penokohan terbagi dalam dua jenis yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama dalam cerita ini adalah Jalin atau Datuak Soyiah dan Ibu, sedangkan tokoh tambahan dalam cerita ni adalah Dukun dan warga setempat. Latar yang terdapat dalam cerita adalah latar sosial, latar tempat, dan latar waktu. Adapun tema dalam cerita utama dalam cerita rakyat legenda Datua Soyiah adalah sebagai seorang anak harus mematuhi perintah Ibunya jika tidak sesuatu yang buruk akan terjadi pada si Anak. Fungsi sosial cerita rakyat legenda Datuak Soyiah adalah sebagai warisan budaya yang telah diwariskan secara turun temurun. Dalam cerita ini banyak terkandung nilai-nilai seperti mendidik, jati diri dan juga sebagai warisan bagi generasi berikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:19
Last Modified: 22 Nov 2018 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19682

Actions (login required)

View Item View Item