Hubungan Penguasaan Kosakata Bidang Jurnalistik dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Bukittinggi

Dini, Rahma (2017) Hubungan Penguasaan Kosakata Bidang Jurnalistik dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ISESMA_ZURITA_1300777_3328_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata bidang jurnalistik siswa kelas XII SMK Negeri 2 Bukittinggi. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas XII SMK Negeri 2 Bukittinggi. Ketiga, menganalisis hubungan penguasaan kosakata bidang jurnalistik dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas XII SMK Negeri 2 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain penelitian yaitu desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 2 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016-2017. Sampel dalam penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Variabel penelitian ini adalah penguasaan kosakata bidang jurnalistik sebagai variabel X dan keterampilan menulis teks berita sebagai variabel Y. Data penelitian yaitu skor hasil tes penguasaan kosakata bidang jurnalistik siswa kelas XII SMK Negeri 2 Bukittinggi dan skor hasil tes keterampilan menulis teks berita siswa kelas XII SMK Negeri 2 Bukittinggi. Hasil penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut. Pertama, penguasaan kosakata bidang jurnalistik siswa kelas XII SMK Negeri 2 Bukittinggi berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata hitung 80,54. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas XII SMK Negeri 2 Bukittinggi berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata hitung 79,37. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-1 karena thitung > ttabel (10,32 > 1,68). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata bidang jurnalistik dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas XII SMK Negeri 2 Bukittinggi. Dengan demikian, untuk memperoleh keterampilan menulis teks berita yang baik diperlukan penguasaan kosakata bidang jurnalistik yang baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:19
Last Modified: 22 Nov 2018 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19679

Actions (login required)

View Item View Item