Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Observasi

Primasyita, Heri (2017) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Observasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_HERI_PRIMASYITA_1205134_942_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, siswa cenderung malas ketika disuruh menulis dengan alasan tidak mampu menghasilkan tulisan yang baik. Hal tersebut disebabkan siswa tidak terbiasa menulis. Kedua, siswa belum memahami struktur teks laporan hasil observasi. Ketiga, teks laporan observasi yang ditulis siswa seringkali menggunakan kalimat yang tidak efektif. Keempat, pengetahuan siswa tentang EBI rendah. Kelima, kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi sehingga membuat siswa menjadi bosan sebab media yang digunakan hanya seadanya saja, seperti LKS, buku ajar, dan contoh teks laporan hasil observasi yang diberikan guru. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan observasi. Kedua, model discovery learning berbantuan media audiovisual. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah statis dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi yang berjumlah 218 orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri atas dua kelas, yaitu kelas tanpa menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual (kelas VII.1) berjumlah 29 orang siswa, dan kelas menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual (kelas VII.2) berjumlah 31 orang siswa. Variabel penelitian ini yaitu keterampilan menulis teks laporan observasi siswa tanpa menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual dan keterampilan menulis teks laporan observasi siswa dengan menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas tanpa menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual dan kelas menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas tanpa menggunakan model discovery learning berbantuan mediaaudiovisual berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 62,64. Kedua, keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 78,14. Ketiga, penggunaan model discovery learning berbantuan media audiovisual berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bukittinggi. Dengan kata lain, keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas tanpa menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual lebih rendah dibandingkan dengan kelas menggunakan model discovery learning berbantuan mediaaudiovisual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:19
Last Modified: 22 Nov 2018 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19675

Actions (login required)

View Item View Item