Karakteristik Struktur dan Kebahasaan Teks Eksposisi Karya Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Khairat, Hayatul (2017) Karakteristik Struktur dan Kebahasaan Teks Eksposisi Karya Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_HAYATUL_KHAIRAT_1305284_766_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan karakteristik struktur teks eksposisi karya mahasiswa PPBSI JBSID FBS UNP. Kedua, mendeskripsikan kebahasaan teks eksposisi karya mahasiswa PPBSI JBSID FBS UNP. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan dilakukan di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Data penelitian ini berupa teks-teks eksposisi yang diperoleh dari sumber data penelitian yaitu dokumen hasil tugas perkuliahan yang berjumlah 20 teks eksposisi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Data dianalisis dengan mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, ditemukan 3 karakteristik struktur teks ekposisi, yaitu tesis, argumen, dan penegasan ulang pendapat di dalam tulisan mahasiswa PPBSI JBSID FBS UNP.Kedua, ditemukan 5 ciri kebahasaan, yaitu pronomina, nomina, verba, adjektiva, dan adverbia di dalam tulisan mahasiswa PPBSI JBSID FBS UNP. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dua halPertama, dalam menulis teksteks eksposisi mahasiswa PPBSI JBSID FBS UNP telah menggunakan ketiga struktur teks eksposisi. Ketiga struktur teks eksposisi tersebut, yaitu tesis, argumen, dan penegasan ulang pendapat. Hal itu terbukti dari 20 teks eksposisi yang telah dianalisis, terdapat 12 teks ekposisi yang lengkap menggunakan tesis, argumen, dan penegasan ulang. Dari segi penggunaan kebakuan kata, frasa, dan kalimat pada masing-masing struktur telah digunakan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan kata baku, frasa baku, dan kalimat baku yang lebih dominan dibandingkan nonbaku. Kedua, jika dilihat dari karakteristik kebahasaannya teks ekpsosisi yang ditulis mahasiswa PPBSI JBSID FBS UNP telah menggunakan kelima karakteristik kebahasaan yang telah ditentukan. Kelima karakteristik tersebut, yaitu pronomina, nomina, verba, adjektiva, dan adverbia. Secara umum, karakteristik bahasa yang dominan digunakan mahasiswa PPBSI JBSID FBS UNP adalah nomina. Jika dilihat dari segi kebahasaan baku dan non baku, mahasiswa PPBSI JBSID secara umum juga sudah menggunakan kata baku. Hal ini terlihat bahwa ciri kebahasaan pronomina, nomina, verba, adjektiva, dan adverbia dominan menggunakan kata baku dibandingkan nonbaku. Kata baku terbanyak terdapat pada bagian adjektiva, sedangkan kata nonbaku terbanyak terdapat pada bagian verba. Hal ini berarti bahwa penguasaan mahasiswa PPBSI JBSID FBS UNP dalam menentukan kebakuan kebahasaan paling tinggi yaitu pada bagian nomina, sedangkan penguasaan paling rendah terdapat pada bagian verba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:19
Last Modified: 22 Nov 2018 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19674

Actions (login required)

View Item View Item