Kontribusi Keterampilan Membaca Apresiatif Terhadap Keterampilan Menulis Kembali Dongeng Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Padang

Handayani, Handayani (2017) Kontribusi Keterampilan Membaca Apresiatif Terhadap Keterampilan Menulis Kembali Dongeng Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_HANDAYANI_1300772_947_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca apresiatif siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi antara keterampilan membaca apresiatif dengan keterampilan menulis kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode deskriptif dengan desain korelasional. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang yang berjumlah 288 orang yang terbagi atas delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah 56 orang diambil dengan teknik propotional random sampling. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu keterampilan membaca apresiatif siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang (variabel bebas) dan keterampilan menulis kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang (variabel terikat). Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan membaca apresiatif dan skor hasil tes keterampilan menulis kembali dongeng. Data yang terkumpul dianalisis sesuai indikator untuk mendapat skor dan nilai siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif untuk keterampilan membaca apresiatif dan tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis kembali dongeng. Hasil penelitian ini terdiri atas tiga sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca apresiatif siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang berada pada kualifikasi baik. Kedua, keterampilan menulis kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang berada pada kualifikasi baik. Ketiga, keterampilan membaca apresiatif berkontribusi secara signifikan terhadap keterampilan menulis kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara keterampilan membaca apresiatif terhadap keterampilan menulis kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Dengan demikian, keterampilan menulis kembali dongeng pembelajaran didasarkan atas pengembangan keterampilan membaca apresiatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:19
Last Modified: 22 Nov 2018 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19673

Actions (login required)

View Item View Item