Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMPNegeri 2 Bayang

Fauziati, Fauziati (2018) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMPNegeri 2 Bayang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FAUZIATI_1305291_941_2017.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga permasalahan berikut ini. Pertama, siswa terkendala menulis teks biografi dengan struktur yang tepat dan lengkap. Kedua, siswa kurang mampu menggunakan ciri kebahasaan teks biografi, Ejaan Bahasa Indonesia (EBI), dan diksi dengan tepat sehingga terdapat kesalahan penggunaan ciri kebahasaan teks biografi, EBI, dan diksi pada tulisan siswa. Hal itu tergambar pada nilai rata-rata ulangan harian keterampilan menulis teks biografi siswa VIII SMP Negeri 2 Bayang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Nilai ratarata yang diperoleh siswa, yaitu 69,00, sedangkan KKM yang ditetapkan, yaitu 70. Ketiga, minat siswa dalam menulis masih rendah. Tujuan penelitian ini, yaitu sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bayang sebelum dan sesudah menerapkan model Project Based Learning. Kedua, mendeskripsikan pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bayang. Jenis penelitian ini, yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini, yaitu desain one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bayang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 182 siswa yang tersebar dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 27 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini, yaitu skor hasil tes keterampilan menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bayang sebelum dan sesudah menerapkan model Project Based Learning (PjBL). Instrumen penelitian ini, yaitu tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bayang sebelum menerapkan model Project Based Learning (PjBL) berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan nilai rata-rata 55,00. Kedua, keterampilan menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bayang sesudah menerapkan model Project Based Learning (PjBL) berada pada Lebih dari Cukup (LcD) dengan nilai rata-rata 71,76. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks biografi Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bayang pada taraf signifikansi 95% dengan dk= n-1, ttabel<thitung(1,71<8,96). Dengan demikian, keterampilan menulis teks biografi sesudah menerapkan model Project Based Learning (PjBL) lebih baik daripada sebelum menerapkan model Project Based Learning (PjBL).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:18
Last Modified: 22 Nov 2018 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19669

Actions (login required)

View Item View Item