Pengaruh Penggunaan Teknik Copy The Master terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang

Rahmi, Fauziah (2017) Pengaruh Penggunaan Teknik Copy The Master terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FAUZIAH_RAHMI_1300791_1147_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, naskah drama yang dituliskan oleh siswa kurang relevan dengan judul atau tema yang telah dipilih. Kedua, siswa tidak terampil dalam mengembangkan latar dalam naskah drama. Ketiga, pada naskah drama yang dibuat siswa konflik cenderung tidak digambarkan secara jelas. Keempat, siswa tidak terampil mengembangkan dialog antartokoh dalam penulisan naskah drama. Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang sebelum penerapan teknik copy the master. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang sesudah penerapan teknik copy the master. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh teknik copy the master terhadap tingkat keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis penelitian eksperimen ini adalah eksperimen quasi eksperimen (eksperimen semu). Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu keterampilan menulis naskah drama satu babak sebelum menggunakan teknik copy the master sebagai variabel pertama (X1) dan keterampilan menulis naskah drama satu babak sesudah menggunakan teknik copy the master sebagai variabel kedua (X2). Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis naskah drama satu babak sebelum dan sesudah menggunakan teknik copy the master siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis naskah drama satu babak sebelum dan sesudah menggunakan teknik copy the master. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang sebelum menggunakan teknik copy the master berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan nilai rata-rata 47,29. Kedua, keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa SMP Negeri 13 Padang sesudah menggunakan teknik copy the master berada pada kualifikasi berada pada Cukup (C) dengan nilai rata-rata 60,52. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh teknik copy the master terhadap keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang karena ttabel = 1,70 < thitung = 4,94)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:18
Last Modified: 22 Nov 2018 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19668

Actions (login required)

View Item View Item