Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang

Lazuardi, Fadhlan (2017) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FADHLAN_LAZUARDI_1305275_3187_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, untuk mengetahui tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi (selanjutnya ditulis dengan singkatan LHO) siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang sebelum menggunakan model Problem Based Learning (selanjutnya ditulis dengan singkatan PBL) berbantuan media audiovisual. Kedua, untuk mengetahui tingkat keterampilan menulis teks LHO siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang dengan menggunakan model PBL berbantuan media audiovisual. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model PBL berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks LHO siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 337 siswa yang tersebar dalam dua belas kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII8 dengan jumlah 28 siswa. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks LHO sebelum dan sesudah menggunakan model PBL berbantuan media audiovisual. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks LHO siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang sebelum menggunakan model PBL berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 64.29. Kedua, keterampilan menulis teks LHO siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang dengan menggunakan model PBL berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 73,81. Ketiga, penggunaan model PBL berbantuan media audiovisual berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks LHO siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya padang. Berdasarkan uji-t pada taraf signifikansi 95% dengan dk=(n1+n2)-2, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks LHO siswa kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang sesudah menggunakan model PBL berbantuan media audiovisual lebih baik digunakan dari pada sebelum menggunakan model PBL berbantuan media audiovisua

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:18
Last Modified: 22 Nov 2018 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19666

Actions (login required)

View Item View Item