Korelasi antara Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Laporan Hasil Observasi dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang

Tiffany B., Eria (2017) Korelasi antara Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Laporan Hasil Observasi dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ERIA_TIFFANY_B._1300810_4832_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang, (3) korelasi antara keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Pupolasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang berjumlah 280 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 orang, diambil dengan teknik proportional random sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebagai variabel terikat. Data penelitian adalah hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIIISMP Negeri 1 Padang. Hasil data penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang berada pada kualifikasi baik sekali dengan nilai rata-rata, yaitu 91,48. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang berada pada kualifikasi baik sekali dengan nilai rata-rata, yaitu 86,11. Ketiga, terdapat korelasi antara keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang. data dan pembahasan disimpulkan bahwa untuk meningkatkan keterampilan menulis diperlukan keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:18
Last Modified: 22 Nov 2018 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19665

Actions (login required)

View Item View Item