Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang

Suryani, Emy (2017) Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_EMY_SURYANI_1300788_1466_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, untuk mendeskripsikan keterampilan menulis naskah drama satu babak sebelum menggunakan teknik pemodelan. Kedua, untuk mendeskripsikan keterampilan menulis naskah drama satu babak sesudah menggunakan teknik pemodelan. Ketiga, untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik pemodelan terhadap keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan one group pretest and posttest design. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemodelan. Data penelitian adalah skor hasil tes keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemodelan. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 227 siswa yang tersebar dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dengan jumlah 32 siswa. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja keterampilan menulis naskah drama satu babak. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis naskah drama satu babak sebelum menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang berada pada kualifikasi Baik (B). Kedua, keterampilan menulis naskah drama satu babak sesudah menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa penggunaan teknik pemodelan berpengaruh terhadap keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang karena ttabel <thitung. Dengan demikian, teknik pemodelan dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran keterampilan menulis naskah drama satu babak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:18
Last Modified: 22 Nov 2018 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19663

Actions (login required)

View Item View Item