Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pariaman

Elsalailatun, Elsalailatun (2017) Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ELSALAILATUN_ROZIPAH_HASIBUAN_1300782_3843_2017.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh empat permasalahan berikut. Pertama, siswa kurang bersemangat jika belajar secara mendiri karena tidak ada teman untuk bertukar pikiran. Kedua, siswa beranggapan bahwa menulis karangan argumentasi adalah sesuatu yang sulit. Ketiga, siswa masih kesulitan menuangkan ide atau gagasannya dalam menulis karangan argumentasi. Keempat, kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan pada saat pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dalam belajar. Penelitian ini memiliki tiga tujuan sebagai berikut. (1) mendeskripsikan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Pariaman tanpa menggunakan model discovery learning. (2) mendeskripsikan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Pariaman dengan menggunakan model discovery learning. (3) mendeskripsikan pengaruh penggunaan model discovery learning dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kels X SMA Negeri 3 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok, kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswa kleas X SMA Negeri 3 Pariaman yang terdaftar pada tahun 2017—2018 dengan jumlah 273orang yang terdiri atas sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X.1 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik dan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Data penelitian ini adalah skor hasil tes akhir (posstest) pada kelas kontrol dan tes akhir (posstest) pada kelas eksperimen. Menulis karangan argumentasi tanpa dan dengan menggunakan model discovery learning terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Pariaman. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Sebelum data dihitung dengan menggunakan rumus rata-rata hitung dan uji-t, dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Pariaman tanpa menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 66,67. Kedua, keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kleas X SMA Negeri 3 Pariaman dengan menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 77,78. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t tersebut, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif () diterima pada taraf 95% dan dk = (n1 + n2) -2 karena (1,706,20. Dengan kata lain model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:18
Last Modified: 22 Nov 2018 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19662

Actions (login required)

View Item View Item