Korelasi Keterampilan Membaca Apresiatif dengan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Padang

Elkartina S., Elkartina S. (2017) Korelasi Keterampilan Membaca Apresiatif dengan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ELKARTINA_S._1300808_949_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca apresiatif siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca apresiatif dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 288 siswa yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa sebanyak 56 orang siswa (20% dari jumlah populasi siswa per kelas). Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah proportional random sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca apresiatif sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis cerpen sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes membaca apresiatif dan tes unjuk kerja yaitu tes menulis cerpen. Data penelitian ini adalah skor dari tes objektif untuk keterampilan membaca apresiatif dan skor tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis cerpen. Data yang sudah terkumpul dianalisis sesuai indikator untuk mendapat skor dan nilai siswa. Uji persyaratan analisis data, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian ini ada dua, sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca apresiatif siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padang berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 80,02. Kedua, keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padang berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 79,80. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan membaca apresiatif siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padang memiliki korelasi yang signifikan dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelasn IX SMP Negeri 2 Padang. Dengan demikian, untuk keterampilan menulis cerpen diperlukan keterampilan membaca apresiatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:52
Last Modified: 21 Nov 2018 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19661

Actions (login required)

View Item View Item