Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Dua Koto Pasaman

Novalia, Dianni (2017) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Dua Koto Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DIANNI_NOVALIA_1300807_3870_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada tiga yaitu sebagai berikut ini. Pertama mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis berita tanpa menggunakan model problem based learning siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dua Koto. Kedua, mendeskripsikan pengaruh penggunaan pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dua Koto. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dua Koto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Dua Koto yang berjumlah 105 Orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan purposive sampling yang terdiri atas pretest dan posttest. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis berita sebelum dan sesudah menggunakan model problem based learning siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dua Koto. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor hasil hasil tes keterampilan menulis berita sebelum dan sesudah menggunakan model problem based learning. Data dianalisis dengan rumus persentase , rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dua Koto tanpa menggunakan model problem based learning berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Kedua, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dua Koto dengan menggunakan problem based learning berada pada kualifikasi Baik (B) Ketiga, Berdasarkan hasil uji-t, diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 2,79 > 1,70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dua Koto Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:52
Last Modified: 21 Nov 2018 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19659

Actions (login required)

View Item View Item