Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menanggapi Berita Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang

Anggraini, Dewi (2017) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menanggapi Berita Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DEWI_ANGGRAINI_1305282_1102_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat kemampuan menanggapi berita siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audiovisual. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan tingkat kemampuan menanggapi berita siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang sesudah menggunakan model pmbelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audiovisual. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD berbantuan media audiovisual terhadap kemampuan menanggapi berita siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 277 orang. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 30 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian adalah kemampuan menanggapi berita menggunakan menggunakan model pmbelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audiovisual. Data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase, rumus rata-rata hitung, dengan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda sebelum dan sesudah menggunakan menggunakan model pmbelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audiovisual. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, kemampuan menanggapi berita sebelum menggunakan model pmbelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audiovisual siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 76,68. Kedua, kemampuan menanggapi berita sesudah menggunakan model pmbelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audiovisual siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi baik sekali (BS) dengan rata-rata 88,18. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif H1 diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1 + n2 ) -2 karena thitung> ttabel yaitu 7,709 > 1,70. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, kemampuan menanggapi berita sebelum menggunakan model pmbelajaran kooperatif STAD berbantuan media audiovisual siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 76,68. Kedua, kemampuan menanggapi berita sesudah menggunakan model pmbelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audiovisual siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi baik sekali (BS) dengan rata-rata 88,18. Ketiga, terdapat pengarug signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD berbantuan media audiovisual terhadap kemampuan menanggapi berita siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:52
Last Modified: 21 Nov 2018 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19658

Actions (login required)

View Item View Item