Korelasi Keterampilan Memahami Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Padang

Fitrianita, Deta (2017) Korelasi Keterampilan Memahami Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DETA_FITRIANITA_1300820_3560_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri atas tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan memahami teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Ketiga, menganalisis korelasi keterampilan memahami teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016-2017. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan memahami teks deskripsi sebagai variabel X dan keterampilan menulis teks deskripsi sebagai variabel Y. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan memahami teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan memahami teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata hitung 80,54. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata hitung 79,37. Ketiga, keterampilan memahami teks deskripsi memiliki korelasi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan thitung > ttabel (10,32 > 1,68). H0 ditolah sedangkan H1 diterima. Dengan demikian, untuk keterampilan menulis teks deskripsi diperlukan keterampilan memahami teks deskripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:52
Last Modified: 21 Nov 2018 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19657

Actions (login required)

View Item View Item