Korelasi Keterampilan Membaca Apresiatif Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan

Melaty, Della (2017) Korelasi Keterampilan Membaca Apresiatif Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DELLA_MELATY_53256_4794_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca apresiatif cerpen siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Ketiga, menganalisis korelasi antara keterampilan membaca apresiatif cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016-2017. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca apresiatif cerpen sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks cerpen sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan membaca apresiatif cerpen siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca apresiatif cerpen siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata hitung 79,94. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata hitung 78,21. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-1 karena thitung > ttabel (2,83 > 1,67). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca apresiatif cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan karena thitung > ttabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara keterampilan membaca apresiatif cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:51
Last Modified: 21 Nov 2018 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19656

Actions (login required)

View Item View Item