Hubungan Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang

Anizah, Anizah (2017) Hubungan Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ANIZAH_1200883_1416_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata bidang lingkungan siswa kelas VIII SMPN 8 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 8 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara penguasaan kosakata bidang lingkungan dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 193 orang dan tersebar dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 42 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data penguasaan kosakata bidang lingkungan dan tes unjuk kerja yang digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian ini ada tiga yaitu sebagai berikut. Pertama, penguasaan kosakata bidang lingkungan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata 73,33. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata 74,02. Ketiga, berdasarkan uji t, hipotesis alternative (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk)= n-1 karena thitung lebih besar dibandingkan ttabel (9,8 > 1,683). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata bidang lingkungan dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. Hal itu terlihat dari hasil pengujian yang membuktikan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (9,8>1,683). Selain itu, interpretasi nilai uji korelasi menunjukkan korelasi kedua variabel tinggi, yaitu 0,843. Dengan kata lain, penguasaan kosakata bidang lingkungan dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:51
Last Modified: 21 Nov 2018 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19652

Actions (login required)

View Item View Item